Definition List

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer

Asal Usul Nama Indonesia

Asal usul nama Indonesia, istilah nama Indonesia untuk pertama kalinya dikemukakan oleh seorang ahli etnologi dari inggris yg bernama James Richardson logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi. Istilah Indonesia digunakan juga oleh G.W. Earl dalam bidang etnologi. G.W. Earl menyebut Indonesians dan melayunesians untuk warga kepulauan melayu.

Dan pada tahun 1862 istilah Indonesia digunakan oleh orang Inggris, bernama Maxwell dalam karangannya berjudul The Island Of Indonesia (kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi.
Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etnologi Jerman bernama Adolt bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884 dalam hubunganya dengan etnologi.

Kata Indonesia berasal dari kata latin, indus yg berarti hindia dan kata yunani nesos yg berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau pulau, dengan demikian kata Indonesia adalah pulau-pulau hindia.

Indonesia dikenal pula dengan sebutan nusantara. Kata nusantara berasal dari bahasa jawa kuno, yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yg berarti hubungan. Jadi nusantara berarti rangkaian pulau pulau.

Bangsa Indonesia pertama kali menggunakan nama Indonesia secara politik yaitu oleh Perhimpunan Indonesia. Organisasi ini didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di negeri Belanda pada tahun 1908. Organisasi tersebut pertama kali bernama Indische Vereeniging, kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922. Selanjutnya pada tahun 1922, namanya diganti lagi menjadi Perhimpunan Indonesia.

Pada tahun 1928 kongres pemudaⅡdi Jakarta menggunakan istilah Indonesia dalam perhubungan dengan persatuan bangsa, kongres pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 tersebut menghasilkan sumpah pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia. Istilah Indonesia secara resmi digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 agustus 1945 dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia.


Orang yang kritis diri,
sadar diri.
-O'Donnell-


Related Post:

No comments:

Post a Comment

1. Mohon cantumkan sumber jika mengutip artikel
2. Share jika bermanfaat
3. Kritik, saran, dan pertanyaan Saudara sangat saya harapkan