Definition List

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer

Cara Menjadi Pembicara yang Baik

Public Speaking merupakan salah satu softskill yang tidak dimiliki semua orang. Hanya orang-orang yang memiliki mental dan keberanian yang bisa menjadi pembicara yang andal. Tidak ada orang yang langsung menjadi pembicara luar biasa saat pertama kali berbicara di depan audiens, karena kemampuan pembicara juga ditentukan oleh jam terbang. Semakin banyak jam terbang yang dimiliki, maka seorang pembicara akan semakin hebat saat berbicara di depan orang banyak. Ada beberapa teknik yang dapat dipraktikkan untuk menambah kualitas kita menjadi seseorang pembicara, yaitu:

1. Lakukan kontak mata (eye contact) dengan para peserta. Lakukan kontak mata satu-persatu selama kurang lebih 2 detik. Jangan melakukan kontak mata yang terlalu cepat seperti sedang menyapu ruangan, karena hal tersebut tidak akan memberikan dampak berarti.

2. Gunakan mimik wajah yang ekspresif namun wajar saat menyampaikan sebuah pertanyaan. Jangan menggunakan mimik wajah ekspresif yang berlebihan.

3. Selalu berdiri tegak dengan kedua kaki saat menyampaikan materi. Jangan berdiri dengan bertopang pada satu kaki.

4. Posisi tangan selalu terbuka saat menyampaikan materi, karena tangan yang tertutup cenderung menunjukkan rasa grogi dan kurang percaya diri.

5. Gunakan vokal yang jelas saat menyampaikan materi, seperti nada suara, intonasi, dan artikulasi suara.

6. Libatkan emosi peserta saat menyampaikan materi, misalnya dengan kalimat "Bayangkan bangganya orangtua teman-teman jika mendapat kiriman dari anaknya setiap bulan".

7. Jika memiliki rekan ketika menjadi pembicara, maka kita harus membangun chemistry yang sangat baik dengan rekan kita. Dengan chemistry yang sangat baik, maka akan tercipta kolaborasi yang alami.


I take all of my life lessons,
which some people might call mistakes,
and apply them to my future
so that I keep growing.

No comments:

Post a Comment

1. Mohon cantumkan sumber jika mengutip artikel
2. Share jika bermanfaat
3. Kritik, saran, dan pertanyaan Saudara sangat saya harapkan