Definition List

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer

Cara dan Prosedur Memperpanjang STNK dan Membayar Pajak Kendaraan Bermotornya di Kabupaten Deli Serdang

Perpanjangan sebuah STNK sepeda motor sekaligus pembayaran pajak kendaraan bermotornya dilakukan di Kantor Samsat. Untuk daerah Kabupaten Deli Serdang sendiri dilakukan di Samsat UPT Lubuk Pakam yang beralamat di Jl. Tirta Deli, Tj. Garbus Satu, Kec. Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20518. Prosedur yang akan saya jelaskan adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri tanpa melalui calo. Berikut tata cara memperpanjang STNK sekaligus membayarkan pajak kendaraan bermotornya: 
  • Melakukan pengecekan rangka kendaraan atau di Sumatera Utara biasanya disebut gesek rangka. Setelah gesek rangka, kita akan diminta biaya seikhlasnya.
  • Selanjutnya adalah melakukan verifikasi hasil pengecekan rangka atau stempel hasil pengecekan rangka. Untuk proses tersebut dikenakan biaya Rp5.000.
  • Setelah itu, kita menuju ke ruangan pelayanan dan sudah harus membawa terlebih dahulu KTP, STNK, dan BPKB (masing-masing difotokopi rangkap 2). 
  • Di ruang pelayanan kita melakukan pendaftaran di loket pendaftaran sekaligus menyerahkan berkas persyaratan.
  • Setelah melakukan pendaftaran, kita menunggu untuk dipanggil di loket pembayaran.
  • Di loket pembayaran kita akan diminta untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor serta denda (jika ada).
  • Setelah melakukan pembayaran, kita harus menunggu untuk dipanggil dari loket penyerahan STNK/BPKB agar memperoleh STNK yang baru.
Begitulah prosedur untuk melakukan perpanjangan STNK sekaligus membayarkan pajak kendaraan bermotor.


If you're not failling,
you're not trying.

No comments:

Post a Comment

1. Mohon cantumkan sumber jika mengutip artikel
2. Share jika bermanfaat
3. Kritik, saran, dan pertanyaan Saudara sangat saya harapkan