Definition List

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer

Mengapa Orang Indonesia Malu Bertanya?

Salah satu perbedaan paling mencolok antara pelajar Indonesia dengan pelajar dari negara Barat adalah keberanian untuk menyampaikan pendapat (speak up). Seringkali anak-anak di Indonesia ragu-ragu untuk bertanya atau menjawab sebuah pertanyaan terutama saat di ruang kelas. Sedangkan di negara-negara maju, sejak pendidikan awal anak-anak sudah dilatih untuk berani speak up. Akibat dari ketidakberanian speak up adalah banyaknya anak-anak pintar yang tidak kelihatan potensi dirinya. Akhirnya malah banyak orang-orang yang tidak layak atau tidak berkompeten berada di posisi-posisi strategis, yang memikirkan diri sendiri, dan menyengsarakan banyak orang. Kenapa seperti itu? Karena orang-orang pantas yang seharusnya cocok di posisi tersebut tidak berani mengaktualisasikan dirinya.

Memang kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan pelajar atau sang anak atas ketidakberanian mereka. Seringkali pengajar di Indonesia belum bisa menghargai pendapat atau pertanyaan dari pelajar. Itulah yang saya alami selama masa pendidikan hingga kini. Pengajar dan pelajar lainnya masih sering menghakimi atau merundung seseorang karena pendapat atau pertanyaannya. Polo pikir inilah yang harus kita ubah di dunia pendidikan kita. Di negara-negara maju, jawaban salah dari pelajar selalu diberikan apresiasi oleh pengajar. Selain itu, pengajar di sana berani mengakui jika ada hal-hal yang belum mereka ketahui. Pengajar bukanlah orang yang tahu segalanya. Pelajar janganlah hanya menjadi seorang pelajar, tetapi jadilah seorang pembelajar.

Semoga sistem pendidikan kita bisa lebih baik lagi ke depannya, dimana semua pelajar didorong untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di bidang apapun.


Be thankful for what you have;
you'll end up having more.
If you concentrate on what you don't have;
you will never, ever have enough.
-Oprah Winfrey-


No comments:

Post a Comment

1. Mohon cantumkan sumber jika mengutip artikel
2. Share jika bermanfaat
3. Kritik, saran, dan pertanyaan Saudara sangat saya harapkan