Definition List

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer

Indonesia, Rendah Pendidikan Politik

Jadi, kondisi masyarakat Indonesia saat ini unik, lebih tepatnya aneh menurut saya. Mengapa? Sangat banyak saya lihat masyarakat golongan bawah (golongan bawah bukan berarti yang kemampuan ekonominya rendah ya, karena termasuk juga yang ekonominya menengah) yang saling menyerang karena politik. Hahaha Lucu ya? Mereka yang masyarakat bawah (masyarakat yang tidak punya jabatan apa-apa di dunia politik dan bukan relawan resmi) sibuk saling menyerang, eh yang di atas (orang yang punya jabatan di dunia politik) malah santai aja tuh. Memangnya kalau kalian saling serang, saling hujat, saling fitnah, bakalan langsung dipedulikan sama petinggi-petinggi partai politik gitu? Atau langsung dapat penghasilan untuk makan sebulan ke depan gitu? Hahaha mimpi. Mereka tidak menganggap kalian kalau bukan petinggi partai.

Ayolah kawan, politik itu sangat dinamis. Lihat aja di media, yang dulunya satu koalisi, mudah aja jadi oposisi. Yang dulunya sama-sama mendukung satu calon gubernur dan wakil gubernur, tiba-tiba langsung jadi musuh bebuyutan sampai ke tingkat presiden. Yang dulunya memuji salah satu pasangan gubernur dan wakil gubernur, tiba-tiba langsung jadi musuh bebuyutan dengan gubernur dan wakil gubernur itu. Yang kalau di media sosial paling getol mengkritik seorang presiden, eh waktu ketemu presidennya langsung manggut-manggut kayak orang tidak berdaya. Yang dulunya kurang berhubungan baik waktu di militer misalnya, eh jadi koalisi di pemilihan umum.

Intinya apa? Kita yang tidak punya jabatan di dunia politik dan bukan relawan resmi, ya gak perlu lah sampai serang-serangan, maki-makian, menghakimi orang masuk neraka, mengkafir-kafirkan orang, apalagi sampai bunuh-bunuhan. Emangnya kita dapat apa kalau udah jadi pendukung garis keras salah satu pihak? Emang kita bisa dapat gaji atau penghasilan dari situ? Kalau dapat nasi bungkus yang tidak seberapa sih iya hahaha. Terus ada yang bilang "kan kita harus berkontribusi dalam dunia demokrasi". Cukup datang ke bilik suara saat pemilihan umum, lalu gunakan hak pilihmu (kalau gak ada pilihan yang bagus, coblos aja semuanya). Itu lah kontribusi sebenarnya dalam penerapan demokrasi.

Lihat saja ke depannya. Pasti yang sekarang berteman akan ada yang bermusuhan. Yang sekarang bermusuhan akan ada yang berteman. Di dalam politik, tidak ada teman abadi dan tidak ada musuh abadi.

Seperti yang kita dapat lihat juga sekarang, ada "wakil rakyat" yang menemui seorang tersangka banyak kasus, termasuk kasus penghinaan ideologi kita Pancasila yang akhirnya dihentikan kasusnya dengan alasan TIDAK CUKUP BUKTI. Hahaha bukti di video ditambah saksi-saksi tidak cukup gitu? Dan anehnya, dulu seolah-olah orang tersebut tidak diketahui keberadaannya oleh polisi. Tapi kok bisa ditemui  dengan mudah oleh orang lain?

Coba deh lihat track record hubungan antara Pak Jokowi dan Pak Basuki Tjahaja Purnama dengan Gerindra di pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Coba lihat track record bagaimana Pak Fadli Zon begitu memuji Pak Jokowi dan Pak Basuki Tjahaja Purnama di pemilihan gubernur DKI Jakarta 2012. Coba lihat track record posisi Pak Amien Rais dari menurunkan Pak Habibie dan Gus Dur hingga akhirnya menjadikan Bu Megawati sebagai Presiden. Coba lihat track record hubungan dahulu kala antara Partai Gerindra dengan PKS yang baru kompak akhir-akhir ini. Coba lihat track record hubungan Pak SBY yang pernah menjadi menteri Bu Megawati. Coba lihat track record hubungan Pak Anies Baswedan yang pernah dituduh syiah oleh PKS. Jadi jangan kaget kalau misalnya Pak Jokowi menang pilpres 2019, Bang Sandiaga Uno jadi menterinya ataupun sebaliknya.

Tidak usah repotkan hidupmu dengan politik, selama masih menjadi rakyat biasa. Pikirkan saja kebutuhanmu untuk sebulan, setahun, dan seabad ke depan. Cukup datang ke TPS dan coblos pilihanmu. Boleh coblos salah satu atau coblos keduanya.


Jika kamu masih bisa tertawa,
Maka hari-harimu baik-baik saja.
-Tom Hanks-



Related Post:
Indonesia Makin Baik 
Fakta-Fakta Kekeliruan Kajian Aliansi BEM SI 
Indonesiaku Pancasilaku 
Penyebab Sulitnya Memberantas Korupsi 
Batu Loncatan Indonesia Sejahtera 
Negeriku yang Kucinta (?) 

No comments:

Post a Comment

1. Mohon cantumkan sumber jika mengutip artikel
2. Share jika bermanfaat
3. Kritik, saran, dan pertanyaan Saudara sangat saya harapkan