Definition List

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. - Pramoedya Ananta Toer

Kemana Arah Geopolitik Kita?

Negara lain secara sukarela memberikan hibah ke negara kita? Negara lain secara sukarela berinvestasi besar-besaran ke negara kita?
Setiap negara punya kepentingan nasionalnya (nation interest). Ada negara yang memberikan hibah pesawat tempur? Bisa saja itu dilakukan untuk mengurangi sampah pesawat tempur di negaranya karena pesawat yang dihibahkan sudah kuno. Negara lain berinvestasi infrastruktur di negara kita? Bisa saja itu dilakukan karena mereka akan mendapatkan untung besar dan kendali dengan skema yang dijalankan. Pepatah "No Free Lunch" berlaku dalam kehidupan antar negara.

Lalu secara terang-terangan negara kita berada di salah satu pihak atau mengutamakan suatu negara tanpa memikirkan reaksi pihak yang berlawanan. Sudah jelas pihak lawan yang sebelumnya menjadi penguasa bidang tersebut akan gerah dan berusaha membuat kita tidak nyaman. Pihak lawan akan melakukan sesuatu untuk menunjukkan eksistensi mereka sambil berkata "siapa kalian berani untuk tidak menghiraukan kami?" Maka muncul kejadian seperti penyadapan terhadap pejabat negara.

Pada tanggal 21 Desember 2018, Indonesia resmi mendapatkan mayoritas kepemilikan saham Freeport sebesar 51,2%. Tidak lama dari peralihan mayoritas kepemilikan tersebut, Indonesia diguncang oleh kerusuhan yang terjadi di Papua, tepatnya pada pertengahan Bulan Agustus. Kerusuhan ini menimbulkan beberapa korban jiwa dan kerugian materiil maupun imateriil.

Selanjutnya, pada pertengahan Bulan September terjadi kebakaran hutan di Riau dan Kalimantan. Padahal sudah sangat lama tidak pernah terjadi kebakaran hutan separah itu. Apakah ada pihak yang sengaja melakukan pembakaran? Karena berdasarkan pemberitaan di media, kebakaran yang terjadi bukan karena cuaca panas, melainkan perbuatan manusia yang membakar lahan. Tidak lama berselang, juga terjadi demo menentang RUU KPK dan RUU KUHP yang ditentang oleh mahasiswa, tepatnya pada akhir Bulan September. Demo mahasiswa tersebut berakhir ricuh dan diduga ada aktor yang menyusupi.

Setiap negara memiliki kepentingan yang disebut dengan nation interest. Jika nation interest suatu negara diganggu, maka negara tersebut pasti akan berang. Begitulah yang banyak terjadi saat ini, dimana negara-negara yang mengganggu nation interest suatu negara akan ditekan dari berbagai sisi.

Jadi, bukan tidak mungkin beberapa kejadian di negara kita ini diakibatkan atau disusupi oleh berbagai pihak dari negara lain karena kita mengganggu nation interest mereka tanpa melakukan mitigasi risiko. Oleh karena itu, kita juga harus memahami geopolitik agar kita bisa menempatkan posisi negara kita di dunia internasional. Kita harus bisa menentukan kemana arah geopolitik kita dan bagaimana caranya agar kita dapat bermain cerdik agar mendapatkan untung tanpa membuat negara lain merasa terganggu.


No comments:

Post a Comment

1. Mohon cantumkan sumber jika mengutip artikel
2. Share jika bermanfaat
3. Kritik, saran, dan pertanyaan Saudara sangat saya harapkan